Proses Evakuasi Warga Indonesia Dari Yaman

Kejadian buruk yang terjadi di Yaman bukan hanya merugikan warga Yaman sendiri, warga Indonesia yang kebanyakan merupakan mahasiswa juga terancam keselamatannya. Pemerintah tidak menunggu lama, mereka langsung berusaha untuk mengevakuasi warga Indonesia dari Yaman agar tidak memakan korban.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman. DPR pun terus memonitor proses tersebut.

Beberapa hal yang menjadi menjadi sorotan antara lain kecepatan reaksi Pemerintah, koordinasi lintas kementerian, serta kemampuan evakuasi yang sangat baik di lapangan. Hanya dua hari setelah terjadinya serangan udara ke Yaman oleh Pasukan Koalisi, pemerintah sudah mengirimkan Tim Percepatan Evakuasi yang dikoordinasikan oleh Kemlu dengan komponen dari TNI, POLRI dan BIN yang memanfaatkan matra laut, darat dan udara sekaligus.

Berikut adalah proses evakuasi WNI melalui Jizan berdasarkan kesaksian Ahmad Syaikhu, mahasiswa Universitas Darul Ulum Yaman asal Tegal, Jawa Tengah.

Proses pertama kali evakuasi WNI yang melalui Jizan adalah dikumpulkan di Kota Hudaydah yang terletak di selatan Yaman. WNI dari Sana’a dan Aden dikumpulkan di kota ini. Hudaydah dipilih karena terletak di selatan Yaman yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Kota ini juga dipilih karena relatif lebih aman karena perang berkecamuk di daerah utara yang terletak di Sana’a atau Aden.

Rabu pagi WNI yang telah berada di Hudaydah diangkut menggunakan bus menuju Kota Jizan, Arab Saudi. Rombongan WNI sempat bermalam hingga Sabtu pagi karena pesawat TNI AU yang mengangkut tidak mendapat izin untuk mendarat karena cuaca buruk. Sabtu pagi, rombongan diangkut menuju Muscat, Oman dan selanjutnya menuju Indonesia dengan pesawat komersial.

Sumber:

http://internasional.metrotvnews.com/read/2015/04/14/385947/dpr-monitor-proses-evakuasi-wni-dari-yaman

http://www.tribunnews.com/nasional/2015/04/06/cerita-ahmad-syaikhu-saat-proses-evakuasi-dari-yaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s