Sifat Penting Seorang Pemimpin

Apakah sifat-sifat yang patut dimiliki oleh seorang pemimpin? Kelas kami mengadakan survey beberapa waktu menanyakan hal yang sama. Kesimpulan dari survey tersebut, ada 10 sifat yang menurut kami wajib untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Berikut sifat-sifatnya:

  • Kepemimpinan / Kemampuan Berorganisasi
  • Kemampuan Analisis
  • Integritas / Kejujuran
  • Bertanggung Jawab
  • Disiplin
  • Kemampuan Berkomunikasi
  • Kreatifitas
  • Mudah Bergaul / Kemampuan Interpersonal
  • Kemampuan Bekerja Sama
  • Motivasi

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah “Apa hal paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimipin?” Kelas kami lalu melakukan survey kedua, menentukan apa yang menurut kami paling penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Berikut urutan dari hasil survey tersebut:

  1. Integritas / Kejujuran
    Dari peringkat 1-10 yang sudah disusun oleh masing-masing mahasiswa, saya termasuk salah satu orang yang memilih Kejujuran sebagai sifat terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Siapapun anda, dimanapun anda bekerja dan dengan siapapun anda bekerja, anda harus memiliki sifat ini. Bukan hanya pemimpin atau seorang manajer. Mulai dari pekerjaan seperti cleaning service sampai pekerjaan seperti anggota DPR, anda harus jujur untuk mendapatkan kepercayaan orang sekitar. Dengan adanya kejujuran, pekerjaan akan dengan mudah terselesaikan dan anda bisa dengan mudah mendapat keuntungan darinya.
  2. Kepemimpinan / Kemampuan Berorganisasi
    Saya juga memilih sifat ini dalam posisi kedua. Sebagai pemimpin atau seorang manajer yang sering membagi pekerjaan dengan para bawahannya, sifat Kepemimpinan sangatlah penting dimiliki. Seorang pemimpin yang memiliki sifat Kepemimpinan yang baik akan dengan mudah mendapat respect dari kolega dan bawahannya. Dan itulah yang diinginkan oleh semua pemimpin, respect.
  3. Bertanggung Jawab
    Seorang pemimpin juga harus dapat bertanggung jawab akan segala yang dilakukan olehnya dan para bawahannya. Meski saya tidak memilih sifat ini di posisi ketiga (saya memilih sifat ini sebagai peringkat keempat), sifat ini sangatlah penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang tidak bertanggung jawab akan dengan mudah dibenci oleh kolega dan bawahannya. Karena pemimpin yang tidak bertanggung jawab bukan hanya dapat merugikan diri sendiri, namun bisa merugikan bawahannya dan bahkan perusahannya.
  4. Disiplin
    Saya memilih sifat ini di posisi keempat. Sebenarnya sifat Disiplin dan Bertanggung Jawab sangatlah penting, itu yang membuat saya bingung jika harus memberi peringkat diantara kedua sifat ini. Pemimpin yang Disiplin akan dengan mudah menciptakan suasana kerja yang nyaman. Disiplin bukan berarti keras. Dan Disiplin disini bukan hanya terhadap waktu. Disiplin terhadap peraturan yang berlaku juga sangat dibutuhkan. Sifat ini bisa menular, itulah yang diharapkan dari seorang pemimpin. Menularkan sifat Disiplin ke bawahannya supaya mereka tergerak untuk melaksanakan tugasnya tepat waktu dan tidak menimbulkan banyak masalah.
  5. Kemampuan Berkomunikasi
    Saya juga memilih sifat ini di posisi kelima. Kemampuan Berkomunikasi merupakan hal wajib untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Benar, beberapa pemimpin memilih untuk membiarkan juru bicara-nya untuk berbicara di depan umum, dan beberapa pemimpin memilih asisten-nya untuk berkomunikasi dengan kolega dalam hal mengatur perjanjian dan pertemuan formal. Inilah alasan saya memilih sifat ini di posisi kelima, meskipun memang seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi untuk bisa tetap menjalin hubungan yang baik terhadap kolega dan bawahannya.
  6. Kemampuan Analisis
    Dari kesepuluh sifat diatas, menurut saya sifat ini bukan termasuk golongan sifat terpenting. Saya memilih sifat ini di posisi kedelapan. Memang seorang pemimpin perlu memiliki sifat ini, sifat yang mungkin bisa mendorong perusahannya kearah yang lebih baik dengan menganalisa segala sesuatu yang terjadi di bisnisnya. Namun, sekarang banyak pemimpin yang lebih memilih untuk merekrut orang lain untuk menjalankan tugas ini.
  7. Kemampuan Bekerjasama
    Saya juga memilih sifat ini di posisi ketujuh. Di hidup ini, manusia tidak ada yang bisa hidup sendiri. Manusia merupakan makhluk sosial, termasuk juga seorang pemimpin. Pemimpin yang tidak bisa bekerjasama dengan kolega dan bawahannya sudah bisa dipastikan akan membuat perusahaannya jatuh dan tidak bangkit lagi. Kerjasama yang baik selain dapat menciptakan suasana kerja yang tenang, juga bisa memudahkan perusahannya memperoleh afiliasi.
  8. Kreatifitas
    Saya memilih ini sebagai peringkat keenam. Seorang pemimpin yang kreatif jelas akan membuat perusahaannya lebih maju. Jaman sekarang, kreatifitas sangat dibutuhkan bukan hanya oleh seorang pemimpin. Semua orang kreatif akan dengan mudah memperoleh pekerjaan dan juga dengan mudah meraih kenaikan jabatan.
  9. Motivasi
    Saya memilih ini sebagai peringkat kesepuluh. Memang seorang pemimpin harus memiliki motivasi agar pekerjaannya lancar. Seorang pemimpin yang tidak memiliki motivasi cenderung akan bekerja dengan malas-malasan. Selain itu, seorang pemimpin juga perlu untuk bisa memotivasi bawahannya agar bekerja dengan baik. Tanpa sifat motivasi, jelas perusahaan akan jatuh dan tidak bisa bangkit kembali dan mungkin akan mencapai kebangkrutan lebih cepat.
  10. Kemampuan Bergaul / Kemampuan Interpersonal
    Banyak yang merasa kalau seorang pemimpin hanya bergaul dengan orang setingkat mereka–yaitu sesama pemimpin. Hanya sedikit pemimpin yang mau bergaul dengan bawahannya. Padahal, jika seorang pemimpin mau bergaul dengan bawahannya, selain mendapat respect dari bawahannya, dia juga akan mampu memotivasi bawahannya untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s