Kemampuan Bangsa Indonesia dalam Mengembangkan Teknologi

Bangsa Indonesia sebenarnya memiliki banyak SDM yang mampu untuk mengembangkan teknologi. Tapi entah mengapa, Indonesia masih termasuk bangsa yang bergantung kepada negara lain dalam masalah teknologi itu sendiri.

Pertanyaannya, apakah Bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi yang bisa mengubah keadaan sosial?

Dilihat dari kandungan teknologi pada ekspor produk manufaktur tahun 1992/1994, diantara Tiga Macan Baru Asia (Malaysia, Indonesia, dan Thailand) dan Empat Macan Asia (Korea, Taiwan, Singapore, dan Hong Kong) ternyata Indonesia berada pada tingkat paling rendah. Bahkan dibanding 3 negara Asia lain (Cina, India, dan Pakistan) pun hanya berada sedikit di atas Pakistan dan sedikit di bawah India dan Cina.

Kenyataan di atas seakan membenarkan skeptisme dan pesimisme bahwa pelaku industri kita umumnya kurang berminat pada upaya-upaya teknologis dan inovatif. Pemerintah, dengan dalih memacu kemampuan teknologi, justru sering membuat kebijakan yang merusak mekanisme pasar, termasuk motivasi swasta melakukan upaya-upaya teknologis dan inovatif (technological and innovative efforts, TIEs).

Tak perlu mencari pihak mana yang salah. Kita butuh saling pengertian antara pemerintah dan pelaku industri. Keduanya bertanggung-jawab atas rendahnya kemampuan teknologi nasional. Perlu kita cari bersama penyebabnya, agar benar-benar dapat menjadi Macan (Baru) Asia.

Sumber: http://www.kamusilmiah.com/teknologi/kesiapan-kemampuan-teknologi-nasional-menjadi-macan-asia/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s