Harapan untuk Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia

Seperti post saya sebelumnya, saya hanya ingin menyampaikan pendapat dan harapan saya setelah Joko Widodo berhasil dengan sukses mengalahkan Prabowo Subianto dan menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7.

Apakah saya memilih Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia dibanding Prabowo Subianto? Well, saya tidak akan menjawab sekarang biar anda yang mungkin akan berhasil menebak nantinya.

Jokowi berhasil menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7 dan Presiden pertama yang katanya ‘berasal dari rakyat’. Mungkin jika kita melihat Presiden Republik Indonesia sebelumnya, semua berasal dari orang politik dan militer. Meskipun sebenarnya mereka juga merupakan ‘rakyat’ yang kebetulan memiliki jabatan dan pekerjaan yang lebih tinggi dibanding yang lain. Pelantikan yang baru saja terjadi sebulan yang lalu meninggalkan pertanyaan dibenak rakyat Republik Indonesia. “Apakah Jokowi akan berhasil memenuhi harapan saya?” Jika dipikir secara logika, harapan yang datang dari 250 juta rakyat tidaklah bisa diwujudkan oleh hanya satu orang saja. Tapi, apa salahnya menaruh harapan tinggi-tinggi untuk Presiden Republik Indonesia yang sudah menjadi sorotan dunia?

Harapan saya mungkin tidak akan sampai dan didengar oleh beliau, namun biarkan saya menyuarakan ini semua.

Pertama, saya mungkin bukanlah orang terpandai di Indonesia, bukan juga murid berprestasi di sekolah. Tapi saya hanya berharap kalau di masa pemerintahan Jokowi, semua anak bisa dengan mudah mendaftar ke sekolah yang mereka inginkan tanpa terhalang biaya. Saya mengerti kalau sekolah butuh uang untuk tetap bisa menjalankan Proses Belajar dan Mengajar. Tapi, uang seharusnya bukan menjadi halangan untuk seorang anak mendapatkan ilmu yang sangat berguna di kehidupan bermasyarakat seperti sekarang.

Kedua, saya bukanlah orang religius yang selalu patuh terhadap perintah agama. Tapi, saya berharap Indonesia tidak akan pernah menjadi negara dimana perang antar agama berlangsung. Apa yang terjadi dengan ‘Bhinneka Tunggal Ika’? Nampaknya kini semua orang susah menerima perbedaan. Karena saya beragama Islam, saya akan mengambil contoh dari kasus FPI yang menolak Basuki Tjahaja Purnama dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Apapun alasan yang dikeluarkan oleh FPI, kita semua tahu kalau mereka menolak karena Ahok (panggilan Basuki Tjahaja Purnama) bukanlah seorang muslim.

Ketiga, saya terinspirasi dari kasus penangkapan seorang tukang tusuk sate dikarenakan menghina Jokowi di sosial media. Bagaimana kalau seandainya Indonesia bisa bebas dari segala bentuk tindak “bullying”. Di sekolah, kini masih sering terjadi kasus bullying yang bahkan bisa berakhir dengan hilangnya nyawa seseorang. Semoga segala bentuk bullying bisa hilang dari permukaan bumi, karena dampaknya terhadap sang korban tidak akan pernah hilang seumur hidupnya.

Keempat, berbeda dengan pemikiran rakyat Indonesia pada umumnya yang menginginkan koruptor dipidana selama mungkin, saya hanya berharap kalau tindak kriminal seperti pencurian, penculikan, pemerkosaan, pembunuhan dan pelecehan lebih diutamakan. Karena, jangka waktu yang dihabiskan untuk menyelidiki sebuah kasus korupsi bisa dihabiskan untuk menyelesaikan 10 kasus kriminal selain korupsi. Bukan berarti koruptor tidak perlu ditindak, hanya saja terkadang ada yang harus diutamakan selain kasus tersebut.

Mungkin masih banyak harapan lain yang ingin saya ucapkan, tapi mungkin harapan-harapan diatas sudah cukup untuk menyadarkan Jokowi akan betapa beratnya tugas sebagai Presiden Republik Indonesia. Sekali lagi, selamat untuk pak Joko Widodo dan semoga bisa menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Presiden Republik Indonesia dengan baik.

Tinggalkan Balasan

