Android vs iOS

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sedangkan iOS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Keduanya merupakan sistem operasi yang sedang laku di pasaran. Banyak pengguna telepon genggam memilih untuk memakai produk yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS.

Perbedaan yang begitu terlihat dari kedua OS ini adalah “Pengembangnya”. OS Android memiliki sifat yang Open Source yang artinya pengguna bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan dan selera. Sedang iOS memiliki sifat yang berbalik dari Android yaitu Closed Source yang berartikita sebagai pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS tidak bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan kita, namun disini pihak Apple sebagai pengembang mampu menyediakan aplikasi-aplikasi untuk melengkapi kebutuhan kita.

Keterbukaan Android malah bisa menjadi musibah buat kita, karena terlalu terbukanya hingga banyak tangan-tangan jahi yang berkeliaran untuk Android. Sedang disini iOS lebih terasa aman karena tertutup dan pihak Apple sangat bertanggung jawab terhadap ketangguhan perangkatnya.

Jika harus memilih antara kedua sistem diatas, mungkin akan banyak yang memilih Android dikarenakan kebebasan semua berada di tangan pengguna yang bisa dengan mudah mengubah segala sesuatu. Selain itu, harga telepon genggam berbasis Android juga relatif lebih murah, jadi lebih cocok untuk kalangan remaja. Sedangkan iOS, meskipun memiliki sifat Closed Source, itu yang membuat iOS jauh lebih aman dibanding Android. Dan mungkin dengan alasan itu juga, mengapa produk yang memakai sistem iOS lebih mahal dibanding Android.

Sumber : http://oketekno.com/3131/android-vs-ios-mana-yang-lebih-menarik-buat-anda.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s